Untungnya ada Internet : jadi hiburan di kala sakit, semakin hebat saat dikelola dengan sehat

24 Oct 2010

internet sehat bikin hebat

Masih inget ngga waktu heboh-hebohnya kasus video mirip artis itu?

Siapa yang paling disalahkan sebagai biang kerok permasalahan itu? Ngga lain dan nggak bukan adalah media yang dinamakan : internet. Meski sebenernya infotainment juga gak kecil turut andil dalam menjadikan kasus ini menjadi kian besar, tapi tetap saja orang menjustifikasi internet-lah yang paling harus bertanggung jawab terhadap segala dampak negatif yang ditimbulkannya.

Ketika kemudian marak terjadi kasus penculikan ABG melalui facebook, lagi-lagi gak ada dalang lain yang dituduh sebagai penyebabnya kecuali media yang dinamakan internet. Sampai-sampai para orang tua menjadi ekstra hati-hati dan penuh kewaspadaan (sekaligus diselimuti kecurigaan) ketika putra-putrinya mengakses internet.

Kasihan banget si Internet itu ya? Selalu saja dituduh jadi penyebab segala tingkah negatif yang dilakukan oleh pengendalinya. Padahal sejatinya tekhnologi diciptakan oleh para ahli adalah guna meningkatkan kualitas hidup manusia, bukan malah mengakibatkan kerusakan.

Tapi apa benar jika keberadaan internet seringkali mengundang hal-hal yang negatif sih?

Sekarang kita coba bayangkan seandainya di era kayak gini kita hidup masih seperti masa-masa dulu sebelum ada internet. Betapa sepinya hidup ini kan?

Ngga bisa update status facebook atau ngetweet kapan aja dan dimana aja. Ngga bisa curhat setiap saat di blog personal kita. Buat pebisnis online ngga bisa melakukan promosi online melalui blog maupun facebook serta komunikasi selalu tergantung dengan telepon yang notabene biayanya jauh lebih mahal ketimbang chatting atau kirim email. Yang pasti, kita ngga bisa terkoneksi dengan orang lain secara cepat dan murah.

Sebenernya apa yang dikhawatirkan tentang dampak negatif internet itu gak perlu sampai terjadi kalau kita menggunakan internet secara sehat, baik dan bermanfaat. Tapi sayangnya, kita sendiri juga masih minim pengetahuan tentang pemahaman penggunaan internet sehat.

Menurut saya penggunaan internet secara sehat itu jika kita mampu memaksimalkan fungsi internet untuk tujuan yang bermanfaat.

Membangun sebuah blog untuk mempromosikan usaha secara online, menjadikan blog sebagai tempat menampilkan karya-karya kita. Memanfaatkan facebook, twitter, my space, YouTube maupun jejaring sosial lainnya untuk memperluas pertemanan dan promosi aktualisasi kemampuan diri seperti menyanyi, menari, menulis dan sebagainya adalah langkah-langkah konkrit yang telah dilakukan oleh para penggiat internet sehat.

Penggunaan internet secara sehat akan memperkaya daya pikir dan kemampuan kita sehingga mendorong kita menjadi lebih kreatif dan lebih produktif.

Tapi buat mewujudkan gerakan internet sehat ternyata banyak juga kendalanya, lihat aja situasi saat ini :

1. Pengguna internet sudah menjangkau ke segala usia, mulai dari anak-anak lima tahunan (atau barangkali ada juga yang Balita tapi udah melek internet) sampe kakek-kakek dan nenek-nenek. Pengguna internet anak-anak dan remaja kadang masih naf dan mudah percaya, sehingga seringkali menganggap bahwa identitas pengguna internet lainnya adalah identitas yang sebenarnya.

2. Slogan tentang dampingi anak anda saat menggunakan internet akhirnya hanya bisa jadi slogan saja. Gimana bisa mendampingi? Ngerti tentang seluk beluk internet aja kagak. Lagian, sekalipun orang tua ngerti internet juga ngga mungkin ngawasin anak-anaknya 24 jam kan? Apalagi ketika mereka mengakses internetnya melalui warnet. Siapa hayo yang berani menjamin kalo dia nggak mengakses situs yang aneh-aneh.

3. Situs dan blog penyedia download video dan gambar-gambar yang enggak pantas kini semakin banyak bertumbuhan bak jamur di musim hujan. Dengan satu kali kata kunci yang di ketik di mesin pencari Google, maka langsung terhubung ke link-link yang menyesatkan.

Tentu saja keprihatinan aja ngga cukup. Mesti harus ditumbuhkan kesadaran tentang gimana caranya berinternet secara sehat. Trus caranya gimana dong? Jawabannya simple aja,

Semuanya tentu dimulai dari diri sendiri dulu.

Kesadaran pada diri sendiri untuk bisa menggunakan internet secara sehat bisa dengan berbagai cara :

1. Mengendalikan diri untuk gak gampang tergoda untuk mengakses situs yang sama sekali tak bermanfaat dan khusus untuk usia tertentu saja.

2. Waspada terhadap tawaran yang menggiurkan dari seseorang yang baru dikenal. Lewat media apa saja. Entah melalui jejaring sosial maupun melalui dunia nyata. Inget lho, gak ada sesuatu di dunia ini yang bisa dicapai dengan mudah, semua butuh proses dan kerja keras.

3. Benar-benar memaksimalkan penggunaan internet untuk sesuatu yang bermanfaat.

Anyway, Busway, On the Way, tahu gak sih temen-temen, kalau hampir setiap akhir pekan, sabtu dan minggu Facebook, Twitter, Blog dan jejaring sosial lainnya tambah ramai saja lho! Hampir setiap orang butuh penyegaran setelah lima hari berkutat dengan padatnya aktifitas sehari-hari. Sebagian mungkin karena kesepian justru karena tak punya kesibukan.

Untunglah ada internet. Tanpa internet, mereka yang sakit ringan mungkin malah akan jadi bertambah sakit.

Ini menjadi sebuah bukti bahwa internet itu bisa menyehatkan. Dan penggunaan internet dengan sehat bisa menjadikan kita semakin hebat. Sudah seharusnya, keberadaan internet bukannya malah menjadikan yang sehat menjadi sakit kan? :D


TAGS SEO Internet Sehat Remaja Teenagers Internet Blog blogger Internet sehat bikin Hebat


-

Author

Follow Me